Motivasi dan konsistensi

Bikin akun Youtube itu mudah, buat konten secara konsisten itu yang sulit.

Mulai bikin website atau blog itu mudah, konsisten menulis-lah yang sulit.

Jadi member di gym itu mudah, konsisten datang dan berolahraga itu yang sulit.


Memulai komitmen pada tim itu mudah, konsisten bekerjasama dalam tim itu yang sulit.

Bikin visi dan misi organisasi itu mudah, melakukannya dengan konsisten itu sulit.

Ngontrak mata kuliah tugas akhir atau skripsi itu mudah, konsisten ngerjain-nya yang sulit.


Fallin’ in love is easy; staying, continue and work in love is hard.


Gw bisa nulis banyak contoh yang lain, tapi nangkep-kan ya maksudnya gimana?


Intinya... memulai sesuatu itu mudah, tekun menjalaninya hingga akhir itu yang sulit. Kita berharap semangat atau motivasi mula-mula itu bisa terus terpelihara saat kita menjalani sesuatu yang telah kita mulai. Tapi kenyataannya ‘kan tidaklah demikian.


Konsistensi itu butuh lebih dari sekedar motivasi


Motivasi itu tidak selalu ada. Motivasi itu biasanya muncul di awal-awal saat kita memulai sesuatu. Ada interest dan semangat di awal-awal, tapi setelahnya... motivasi lama-lama juga hilang.


Kalau hanya modal motivasi, kita gak akan kemana-mana.


Kalau gitu perlu apa dong? Ya perlu disiplin dan kerja keras, walau sebetulnya udah ga ada motivasi. Perlu disiplin dan kerja keras walau keinginan untuk bekerja sama sekali ga ada.


Kita pikir saat kita males mengerjakan sesuatu itu karena kurang motivasi, padahal masalahnya bukan motivasi... masalahnya ada di kurangnya disiplin dan kerja keras.


Kalau hanya modal motivasi, kalau hanya modal kepengen, maka semua orang dengan mudahnya jadi sukses, tapi toh ‘kan tidak demikian yang terjadi?


Motivasi itu hanya bahan bakar awal, sisanya konsisten disiplin dan kerja keras


Boleh cari motivasi, boleh cari inspirasi. Tapi jangan berharap motivasi itu akan selalu ada setiap saat kita menjalani apa yang kita mulai.


Banyak orang (gw termasuk), yang hari ini termotivasi dan terinspirasi oleh video atau kata-kata motivasi tapi besoknya tetep aja males tuh. Kenapa? Ya karena motivasi itu hanya bahan bakar awal.


Kalau kita hanya berusaha untuk “termotivasi” dengan nonton video inspiratif, nonton film inspiratif, datang seminar inspiratif tapi cara kerja-nya tetep pemalesan ya ga akan maju-maju.


Kita bisa mengingat kembali motivasi mula-mula tapi tetep aja disiplin dan kerja keras itu harus dilakukan.


Your motivation alone cannot do the hard work. You are the one who should do the job, by discipline and hard work.


Motivasi itu event, konsistensi itu kebiasaan


Konsistensi adalah tentang membangun kebiasaan yang membuat kita fokus pada tujuan. Motivasi bukanlah kebiasaan, motivasi itu adalah sebuah event.


Motivasi membantu kita untuk memulai sesuatu, namun konsistensi-lah yang membuat kita bisa menyelesaikannya dengan baik.


Berikut beberapa pola pikir dan tindakan praktis yang dapat membuat kita konsisten dalam melakukan sesuatu:

  1. Paham bahwa motivasi saja tidak cukup. Jadi berhentilah untuk mencari inspirasi, mencari kata-kata dan video motivasi. Makin banyak mengkonsumsi motivasi ga akan bikin kita rajin. Mulailah melakukan.

  2. Atur lingkungan sedemikian hingga membuat kita tidak punya pilihan lain selain bekerja. langkah sederhana: jauhkan smart phone dan distraksi lain ketika bekerja.

  3. Buat jadwal kapan harus bekerja dan fokus memenuhi jadwal tersebut.

  4. Paksa diri untuk disiplin dan kerja keras bahkan ketika sama sekali tidak ada semangat.

  5. Catat dan rayakan pencapaian yang kecil. Jadikan pencapaian tersebut sebagai motivasi untuk langkah selanjutnya.


Beberapa referensi buku


Berikut beberapa referensi buku yang saya pelajari tentang topik ini:

  1. Atomic habits by James Clear.

  2. Peak: Secrets from the new science of expertise by Anders Ericsson

  3. Talent is overated: what really seperates world—class performers from everybody else by Geoffrey Colvin


Udah... cukup bacanya... kerjakan lagi sana apa yang harusnya dikerjakan sekarang (atau Yang seharusnya dikerjakan kemarin, atau minggu lalu, atau bahkan tahun lalu)...


Matiin internetnya, matiin handphone-nya, kerja dan belajar sana :)

Postingan Terakhir

Lihat Semua