Referensi buku Public Speaking

Minggu lalu ada yang nanya tentang referensi buku public speaking yang saya gunakan. Ada banyak buku dan artikel yang saya baca tentang public speaking, tapi berikut buku-buku yang stand out dan memberi pengaruh banyak pada cara dan gaya saya dalam “ber-public speaking”:


Presentation Zen - Garr Reynolds

Ini buku pertama tentang public speaking yang saya baca ketika tahun 2009 silam. Buku tersebut saya baca ketika saya sedang kuliah S2 di Kanazawa University. Sang penulis buku Garr Reynolds merupakan seorang komunikator handal yang dikenal dengan gaya slideshow-nya yang sederhana namun menarik.

Buku ini mengambil beberapa filosofi Jepang seperti Zen serta makanan Bento. Zen dan Bento keduanya dikenal dengan filosofi kesederhanaan. Di buku ini Garr Reynolds menjelaskan terdapat tiga bagian dalam sebuah presentasi yakni preparation (persiapan), design (desain slide) dan delivery (penyampaian). Bagi saya, buku ini memberikan landasan dalam kemampuan public speaking.


Presentation Zen Design - Garr Reynolds

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Presentation Zen. Buku ini membahas lebih dalam bagian kedua dari filosofi yang diperkenalkan oleh Garr Reynolds yakni design (desain). Buku ini sangat saya rekomendasikan apabila kita hendak belajar bagaimana untuk membuat slide yang menarik dan mendukung pesan yang hendak kita sampaikan. Di buku ini kita dapat belajar tentang huruf (typography), warna, penempatan gambar dsb.


Naked Presenter - Garr Reynolds

Masih dari Garr Reynolds, di sini ia menjelaskan tentang bagian yang ketiga yakni delivery (penyampaian). Di buku ini Garr Reynolds menjelaskan filosofi onsen (pemandian air panas) yang dapat digunakan sebagai filosofi saat menyampaikan materi. Di buku inilah saya belajar tentang teknologi yang kita gunakan (dalam hal ini slide dan LCD proyektor) hanyalah merupakan alat bantu. Kita-lah yang seharusnya dapat menjangkau pendengar melalui komunikasi atau penyampaian yang kita lakukan.


The Presentation Secrets of Steve Jobs - Carmine Gallo

Buku ini membedah apa yang Steve Jobs lakukan dalam setiap presentasinya. Buku ini menjelaskan bahwa presentasi Steve Jobs yang sangat inspiratif dan memukau tersebut merupakan kemampuan yang dapat dipelajari. Buku ini menjelaskan mulai dari pemilihan judul presentasi, membuat kata-kata yang mudah diingat serta bagaimana menguasai panggung.


*Resonate - Nancy Duarte*

Buku ini berisi tentang bagaimana seorang pembicara dapat mempengaruhi pendengarnya untuk melakukan sesuatu (action) dan bukan hanya mendengar. Sesuai dengan judulnya “resonansi”, apa yang kita sampaikan seharusnya beresonansi dengan setiap orang yang mendengar sehingga mereka tergerak untuk melakukan perubahan dalam hidup mereka. Buku ini mengambil filosofi yang menarik, yakni kita sebagai pembicara merupakan mentor atau tokoh pendukung dari tokoh utama yang sesungguhnya yakni para pendengar. Di sini Nancy Duarte memberikan contoh bahwa kita merupakan Yoda dari Luke Skywalker (pendengar).


Saying it Well: Touching Others with Your Words - Charles Swindoll dan Communication for a Change - Andy Stanley

Dua buku ini merupakan buku rohani Kristen. Dua buku ini membantu saya jika saya menyampaikan Firman Tuhan. Di kedua buku ini saya belajar bagaimana membuat kata-kata yang mudah diingat, membuat sederhana suatu konsep yang kompleks, menggunakan humor, bagaimana mempersiapkan dan menyampaikan khotbah dsb.


Itulah buku-buku yang selama ini menolong saya dalam public speaking. Buku tersebut memberikan prinsip hingga kemampuan teknis tentang public speaking.


Jadi jika Anda mau belajar, silahkan baca buku-buku tersebut. Namun yang terpenting jangan lupa berlatih dan berani untuk ambil kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak.


God bless.